MENINGKATKAN PENGARUH DALAM MEMIMPIN

Setiap orang dinilai dari tindakan nyatanya. Kita sebagai pemimpin disorot oleh anggota tim dan dinilai berdasaran tindakan kepemimpinan aktual kita. Tindakan kita membentuk persepsi anggota tim terhadap diri kita sebagai pemimpin.

Ketika tindakan kita berubah, perubahan persepsi orang lain terhadap kepemimpinan kita bisa berubah ke arah yang lebih positif atau bisa juga malah ke arah sebaliknya yakni negatif. Beberapa pemimpin kurang menyadari hal ini sehingga tindakan mereka malah menghambat atau merusak hubungan, reputasi dan karir mereka sebagai pemimpin.

Kepemimpinan memang perpaduan dari berbagai keterampilan. Namun, perlu disadari bahwa keterampilan memimpin sangatlah dekat dengan keterampilan mempengaruhi. Cara kita membawa diri sebagai pemimpin akan berdampak, baik secara positif ataupun negatif, terhadap kemampuan kita untuk mempengaruhi anggota tim dan memotivasi mereka.

Berikut adalah beberapa tindakan yang dapat membantu kita menjadi pemimpin yang memiliki pengaruh lebih terhadap anggota tim.

MENINGKATKAN PENGARUH DALAM MEMIMPIN

Sebagai manusia, tentunya kita sebagai pemimpin akan mengalami pula hari-hari buruk. Namun, sebagai pemimpin kita senantiasa disorot oleh orang lain terutama anggota tim kita. Maka, kita perlu tetap menampilkan perilaku optimis, bertindak secara positif, tenang dan dapat diandalkan walaupun sedang mengalami situasi penuh tekanan. Apakah Anda demikian?

MENINGKATKAN PENGARUH DALAM MEMIMPIN

Kepercayaan adalah aspek yang mahal. Mahal disini dalam arti perlu waktu cukup lama untuk dibangun, tetapi sangat mudah untuk rusak bahkan karena hal sederhana. Pemimpin yang baik perlu dapat dipercayai oleh anggota timnya. Kepercayaan timbul ketika seorang pemimpin secara konsisten menampilkan tindakan tulus, terbuka dan dapat diandalkan. Apakah anggota tim Anda mempercayai Anda?

MENINGKATKAN PENGARUH DALAM MEMIMPIN

Seorang pemimpin yang baik akan membuat keputusan untuk kemajuan tim dan bisnis secara keseluruhan, bukan hanya sebatas untuk kepentingan pribadinya sendiri. Anggota tim akan cenderung menghormati pemimpin yang secara tulus peduli terhadap kemajuan mereka. Pemimpin berintegritas akan memberikan apresiasi pada orang yang layak mendapatkannya dan mengambil tanggung jawab pribadi atas kegagalan. Apakah Anda telah menunjukkan diri sebagai pribadi yang berintegritas?

MENINGKATKAN PENGARUH DALAM MEMIMPIN

Salah satu peran terpenting dari pemimpin adalah sebagai pengembangan talenta dalam timnya. Anggota tim yang merasa mendapat pengembangan dari pemimpinnya akan merasa termotivasi untuk menerima pendelegasian pekerjaan dari atasannya. Mereka akan menerima pendelegasian sebagai suatu tantangan baru untuk pengembangan diri mereka, bukannya sebagai pengalihan pekerjaan dari atasan kepada anggota tim. Seorang pemimpin yang baik akan membantu anggota timnya untuk mencapai potensi terbaik mereka.

Generasi anak jaman “Now” sangat haus akan tantangan. Banyak dari mereka yang keluar dari perusahaan karena merasa tidak mendapat pengembangan dari atasannya dan tidak ada harapan untuk berkembang. Apakah ada anggota tim Anda yang merasa demikian?

MENINGKATKAN PENGARUH DALAM MEMIMPIN

Komunikasi sangatlah penting agar suatu tim dan organisasi dapat mencapai hasil dengan sukses. Sebagai pemimpin, kita perlu menginvestasikan waktu untuk menggali dan mendengarkan kekhawatiran anggota tim dan mengelola pertanyaan-pertanyaan mereka. Terkadang, jawaban dari kekhawatiran dan pertanyaan tersebut sudah ada dalam benak mereka maka fungsi pemimpin lebih untuk memfasilitasi diskusi agar jawaban tersebut dapat muncul dari mereka sendiri. Apakah anggota tim Anda memiliki kekhawatiran atau pertanyaan yang perlu Anda tangani segera?

MENINGKATKAN PENGARUH DALAM MEMIMPIN

Anggota tim kita adalah ujung tombak kinerja kita dan mereka memiliki kehidupan di luar perusahaan. Mereka memiliki keluarga, minat, hobi, dan seringkali masalah pribadi yang dapat berdampak pada kinerja di pekerjaan. Pemimpin perlu meluangkan waktu untuk membina hubungan personal dan mengenal anggota tim secara lebih dekat melalui aktivitas yang tidak terkait pekerjaan seperti makan siang bersama, olah raga bersama dan sebagainya. Dengan demikian, kita menunjukkan pengakuan kepada anggota tim sebagai individu di dalam dan di luar pekerjaan. Sudahkah Anda mengenal kehidupan pribadi setiap anggota tim Anda?

MENINGKATKAN PENGARUH DALAM MEMIMPIN

“Leadership is Influence” – John C. Maxwell

Apakah kita saat ini mampu menginspirasi orang lain untuk mengikuti kita sebagai pemimpin? Jika tidak, maka kita perlu melakukan refleksi diri terkait tindakan kita sebagai pemimpin dan mengidentifikasi area pengembangan diri kita untuk menjadi seorang pemimpin yang lebih baik dan lebih berpengaruh.


Untuk informasi dan jadwal training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id