Tips Mempengaruhi Orang Lain

Tips Mempengaruhi Orang Lain

Beberapa orang memiliki aktivitas maupun kedudukan yang dituntut memiliki keterampilan untuk mempengaruhi orang lain. Ada orang-orang yang secara alami mempunyai kemampuan komunikasi yang baik, sehingga mudah mempengaruhi orang lain. Tetapi tidak sedikit orang perlu mengasah keterampilannya dalam mempengaruhi orang lain. Dalam meningkatkan kemampuan dalam mempengaruhi orang lain, ada beberapa tips mempengaruhi orang lain sebagai berikut :

Tips Mempengaruhi Orang Lain

BERIKAN APRESIASI

Berikan apresiasi yang tulus jika orang yang dipengaruhi menunjukkan sinyal positif akan mengikuti ajakannya. Memberi pujian akan membantu meningkatkan motivasinya untuk menerapkan saran-saran.

Tips Mempengaruhi Orang Lain

TUNJUKKAN SIKAP BERSAHABAT

Setiap orang senang diperlakukan sebagai sahabat yang baik, sekalipun baru kenal sesaat. Jangan mengkritik atau membantah apa yang dikatakan. Fokus pada upaya membujuk agar mau melakukan apa yang diinginkan.

Tips Mempengaruhi Orang Lain

BERKATA JUJUR

Buatlah percakapan yang menyenangkan. Hindari berkata bohong, karena mengakibatkan ketidakpercayaan dengan apa yang diucapkan dan segera menjauhkan diri.

Tips Mempengaruhi Orang Lain

JADILAH PENDENGAR YANG BAIK & BERIKAN PERHATIAN PENUH

Beri kesempatan orang lain untuk menceritakan mengenai dirinya dan jadilah pendengar yang baik. Tunjukkan respect terhadap pembicara. Hindari mengalihkan pembicaraan secara mendadak. Berikan penjelasan jika orang yang sedang dipengaruhi memberikan pertanyaan. Perlakukan orang yang dipengaruhi sedemikian hingga ia merasa menjadi orang penting.

Tips Mempengaruhi Orang Lain

DAPATKAN KEPERCAYAAN

Kepercayaan adalah kunci dari relasi yang baik. Dapatkan kepercayaan dari orang yang dibujuk dengan penjelasan yang rasional. Hindari menceritakan kisah-kisah luar biasa yang membuat sulit mempercayainya.

Tips Mempengaruhi Orang Lain

RENCANAKAN STRATEGI

Setiap komunitas dan bahkan setiap orang bersifat unik. Mungkin perlu mengeksploitasi kreativitas diri untuk melakukan pendekatan yang berbeda pada setiap orang yang dipengaruhi.

MDI News No. 239/XXIII/Juli 2017