Kunci Untuk Memimpin Generasi Millenial

Memimpin Generasi Millenial

Pada tahun 2020, menurut perkiraan, Indonesia akan mencapai puncak populasi usia produktif, yaitu 70% dari jumlah penduduk. Peran generasi Millenials (di bawah usia 30 tahun) di Indonesia dalam konteks Masyarakat Ekonomi ASEAN yang sudah dimulai pada tahun lalu 2016, lebih penting lagi. Jumlah penduduk ASEAN (10 negara adalah 625 juta orang dan 40,3% di antaranya adalah orang Indonesia (255,5 j84 juta orang). Dengan 84 juta millenials Indonesia, berarti 23% pemuda ASEAN ada di Indonesia.

Lantas apa yang harus kita lakukan agar dapat berkolaborasi dan mempersiapkan diri untuk dapat bekerja sama dengan mereka lalu kunci untuk memimpin generasi millenial ? Mari kita lihat beberapa hal yang harus kita perhatikan dengan cara mereka bekerja yaitu :

Memimpin Generasi Millenial
Memimpin Generasi Millenial

Motivasi Bekerja

Seringkali menurut generasi-generasi sebelumnya, mereka beranggapan bahwa generasi ini adalah generasi “kutu loncat”. Mereka kurang ‘loyal’ terhadap satu perusahaan dan bahkan berganti ganti tempat bekerja. Sebenarnya mereka lebih berani mencari, menemukan satu organisasi atau perusahaan dimana lingkungannya fun sehingga mereka akan ‘loyal’ di tempat itu. Lantas apakahkuncinya sebagai seorang atasan maupun rekan kerja? Yang dapat kita lakukan untuk membantu mereka adalah dengan memotivasi mereka dan memberikan pekerjaan yang tidak monoton.

Delegasi

Beberapa dari mereka lebih memilih untuk diberikan “kebebasan” di dalam bekerja karena secara natural mereka langsung mencari sesuatu yang baru. Maka dari itu, daripada memberikan mereka ‘instruksi’, berikanlah mereka ruang di dalam membuat pilihan yang tepat dan bebas berkreasi. Perlu kita ingat bahwa mereka adalah generasi kreatif, begitu banyak hal berbeda dan baru yang dibuat. Salah satunya adalah cara mereka bekerja dengan menyeimbangkan frekuensi di dalam melakukan cek pada saat mendelegasikan akan membuat delegasi tersebut lebih efektif.

Memimpin Generasi Millenial

Feedback

Apapun generasi Anda, pastinya pada saat diberikan feedback ada baiknya kita melakukan secara private apabila berkenaan dengan improvement yang harus dilakukan namun informal karena generasi Milenials ini lebih memilih untuk bekerja dengan ‘bos’ yang dapat menjadi rekan dan temannya.

Memimpin Generasi Millenial

Reward

Perhatikan kalau generasi tersebut berkumpul, walaupun mereka duduk di satu meja, namun mereka tidak saling berbicara malahan masing-masing memegang gadget dan sibuk sendiri. Namun bagi mereka, itu adalah quality time yang mereka mau bahkan bersedia untuk spend dengan kelompoknya walaupun untuk waktu yang lama. Untuk penghargaan, generasi Millenials memiliki solidaritas tinggi dalam ikatan kelompok. Maka dari itu, berikanlah penghargaan secara kelompok, mungkin voucher ataupun hal lain.

Masih ada beberapa hal lain agar retensi generasi Millenials, namun yang harus kita lakukan adalah mempersiapkan diri agar dapat berkolaborasi dengan mereka. Selamat beradaptasi.


MDI News No. 234/XXIII/Februari 2017

Untuk informasi dan jadwal training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id