Memimpin Diri Sendiri

memimpin diri sendiri

Jumper MDI Club yang dilaksanakan setiap dua bulan sekali pada bulan lalu dilangsungkan pada tanggal 7 Maret 2014 di Jakarta Design Centre dengan pembicara Bapak Bayu Pradiya (Trainer MDI) yang telah memiliki sertifikasi di bidang Personal Productivity.

Topik Jumper kali ini yaitu Personal Productivity, acara dimulai pukul 17.00 dan dihadiri oleh rekan-rekan dari beberapa Perusahaan anggota MDI Club. Topik kali ini cukup menarik karena sebagai seorang Pemimpin seharusnya kita dapat memimpin diri sendiri sebelum kita dapat memimpin orang lain.

Sedikit ulasan materi yang disampaikan saat Jumper yaitu dengan waktu yang terbatas dan memiliki beberapa task atau tugas, alangkah baiknya seseorang dapat secara produktif mengatur waktu sehingga dapat mencapai kinerja kerja yang efektif. Beberapa tips yang disampaikan adalah:

• Kategorikan setiap tugas menurut skala prioritas.

• Tentukan sasaran yang dapat dicapai oleh Anda dan tim dengan tenggat waktu yang sangat reasonable.

• Kategorikan setiap prioritas agar mudah untuk diingat.

Teknologi digunakan dan diciptakan untuk mempermudah kita bekerja dan bukan untuk membuat kompleks. Maka dari itu manfaatkanlah Outlook Anda khususnya di sisi sebelah kanan untuk membuat list tugas-tugas (di task list) maupun gunakan Calendar untuk menandai kapan kita harus menghadiri rapat maupun deadline di dalam pekerjaan.

Salah satu cara untuk personal productivity adalah dengan cara Delegasi. Berikut ini adalah 5 cara bagaimana delegasi secara efektif yang dibagikan pada saat Jumper lalu:
• Identifikasikan proyek.
• Identifikasikan seseorang tersebut.
• Lakukan pembahasan singkat mengenai tujuan dan prioritas kerja.
• Jelaskan bahwa Anda akan tetap memberikan dukungan kapanpun tim ataupun anak buah Anda membutuhkan.

Selain hal tersebut dapat melakukan coaching, training, monitor progress dan review milestone.
• Berikan rekognisi secara positif dan berikan ruangan dimana mereka dapat belajar dari kesalahan.

memimpin diri sendiri

PLANNING
• Email management :
• Delete it, Defer it, Delegate It, Do it
• Email in Inbox to task
• Meeting to appointment in calendar
• Plan a meeting or invite
• Task function as project folder
• Start with the end in mind, translate subject to task
• Task is better SMARTER action

memimpin diri sendiri

ORGANIZING
• Delegate task to other people
• Use contact as your resources pool
• Gather information about a person in Contact
• Linked In and Facebook plug ins
• What to do and when to do it : Task and Calendar
• Meeting minutes integrated with One note
• Note down don’t forget task in Notes

memimpin diri sendiri

ACTUATING
• Delegate using priority
• Delegation control using delayed email features
• Train people to use it
• Trace back by using conversation view
• Make outlook your team culture
• Drive not driven by your calendar

memimpin diri sendiri

CONTROLLING
• Monitor by next action plan
• Monitor by journal keep track of your time consumption
• Monitor by start date & due date
• Continous improvement
• Learn time saving trick
• Speed reading
• Quick typing
• Use templates
• Use Rule and Alerts to keep in control of everything

MDI News No. 200/XX/April 2014

Untuk informasi dan jadwal training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id