Menyalakan Api Motivasi Dalam Diri

Menyalakan Api Motivasi Dalam Diri

Setiap orang akan mengalami suatu saat dimana motivasi diri turun dan perlu berjuang membangun semangat diri. Ibarat gelombang, motivasi seseorang akan secara alami mengalami naik turun, namun seberapa turunnya dan seberapa cepat naiknya tergantung pada setiap orang tersebut. Berikut adalah beberapa tips menyalakan api motivasi dalam diri untuk mencegah penurunan motivasi diri dan mempercepat kenaikan saat motivasi turun: | Baca juga : Memotivasi dan Menggerakkan Sales Team Anda

Positivitas ataupun negativitas menular. Maka, kita perlu mengelilingi diri kita dengan orang-orang positif. Berkomunikasilah dan berkumpullah secara rutin dengan mereka baik secara tatap muka atau secara non-tatap muka seperti chat, email dan sebagainya untuk saling berbagi ide atau pengalaman. Bergabunglah dengan organisasi perkumpulan yang terdiri dari orang-orang positif dan melakukan aktivitas positif baik formal maupun informal.

Menyalakan Api Motivasi Dalam Diri
Menyalakan Api Motivasi Dalam Diri

Landasan utama motivasi diri adalah sikap mental yang tepat. Kita seringkali tidak dapat memilih atau mengendalikan situasi sekeliling kita, tetapi kita dapat memilih sikap kita saat menghadapi situasi tersebut. Dengan membiasakan diri menerapkan sikap mental positif terhadap setiap situasi, motivasi diri cenderung akan secara alamiah muncul dalam diri kita.

Temukan hal-hal sederhana yang mampu memotivasi diri kita. Beberapa orang menempatkan foto keluarga untuk memacu semangat dan ada yang menyukai kata-kata mutiara di desktop komputer atau poster motivasional di ruang kerjanya. Ada orang yang memasang gambar sesuatu hal yang diidamkan sebagai “hadiah” bagi diri sendiri, misalnya rumah idaman, mobil idaman, liburan idaman, dan sebagainya.

Menyalakan Api Motivasi Dalam Diri
Menyalakan Api Motivasi Dalam Diri

Dari setiap pengalaman positif maupun negatif, kita perlu membiasakan diri untuk merenungkan pembelajaran untuk pengembangan diri. Dengan demikian, kita akan dapat mengubah pola pikir bahwa suatu kegagalan adalah bagian dari proses keseluruhan menuju kesuksesan.

Kita perlu merefleksikan diri kapan biasanya kita termotivasi dan kapan biasanya motivasi kita turun. Kemudian kita akan dapat lebih menganalisis mengapa serta faktor apa yang menaikkan atau menurunkan motivasi kita. Dengan demikian kita akan lebih mampu mengelola faktor-faktor tersebut terutama untuk memperbanyak faktor peningkat motivasi dan meminimalisir faktor penurun motivasi diri.

Menyalakan Api Motivasi Dalam Diri

Mari, menyalakan api motivasi diri agar kita dapat mencapai potensi diri terbaik kita.


MDI News No. 225/XXII/Mei 2016

Untuk informasi dan jadwal training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id