Accelerating Results Learning Suite – Decision Making

DECISION MAKING

Tantangan yang yang membedakan antara posisi staff atau pelaksana di suatu perusahaan dengan posisi manajer tengah atau puncak adalah dalam pengambilan keputusan. Semakin tinggi posisi manajerial Anda, semakin tinggi juga tantangan yang akan Anda temui. Mengambil keputusan yang tepat menjadi tantangan yang harus Anda hadapi, termasuk untuk memilih keputusan yang mungkin tidak popular. Ingatlah, dengan memilih ‘tindak mengambil keputusan’ juga sebenarnya Anda sudah menentukan keputusan yaitu untuk ‘do nothing’.

Keputusan yang baik adalah keputusan yang tidak diambil secara acak dan mengharapkan keberuntungan sedang berada dalam pihak Anda. Paket Accelerating Results Learning Suite – Decision Making memberikan panduan berupa tahapan yang perlu Anda perhatikan ketika ingin mengambil keputusan. Tahapan ini tidaklah baku, tetapi berperan sebagai patokan umum. Berikut adalah tiap tahapannya.

DECISION MAKING

Dalam tahapan awal ini, ada beberapa elemen di dalamnya yang perlu Anda perhatikan:

• Menilai situasi dalam pengambilan keputusan – mengapa Anda ingin mengambil keputusan? Apa yang akan terjadi jika Anda tidak mengambil keputusan? Dan masih banyak pertanyaan yang berfungsi sebagai pemandu untuk melewati tahapan ini.
• Identifikasi key stakeholder
• Menentukan tujuan dan batasan waktu
• Pendekatan dalam mengambil keputusan

DECISION MAKING

• Analisis alternatif yang Anda miliki
• Kelola dinamika kelompok
• Tentukan keputusan

DECISION MAKING

• Rencanakan cara mengkomunikasikan pesan dengan jelas
• Pilih gaya bahasa dan intonasi suara
• Jelaskan alasan logis dibalik keputusan tersebut
• Kelola ekspektasi stakeholder

DECISION MAKING

• Tentukan tugas dan tanggung jawab
• Klarifikasi hasil yang Anda harapkan
• Buat mekanisme umpan balik
• Berikan pengakuan

DECISION MAKING

Di tahapan yang terakhir ini ada beberapa hal yang menjadi ‘checklist’ Anda:
• Asumsi
• Alternatif yang tiba-tiba muncul
• Hasil yang diarapkan dibandingkan dengan tujuan yang Anda buat sebelumnya

Ingat juga bahwa untuk mengambil keputusan yang tepat, Anda memerlukan tahapan problem solving yang tepat juga (yang sudah kita bahas secara singkat di edisi sebelum ini). Jadi, proses decision making ini tidak begitu efektif jika dijalankan secara independen tanpa disertakan dengan problem solving yang efektif.

Sesuai dengan judul besar Accelerating Results Learning Suite, untuk dapat mempercepat perolehan hasil, setelah melakukan problem solving – decision making, tahapan selanjutnya adalah untuk mendelegasikan dengan efektif. Teknik delegasi akan kita bahas di edisi selanjutnya Accelerating Results Learning Suites – The Art of Delegation.


MDI News No. 225/XXII/Mei 2016

Untuk informasi dan jadwal training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id