Tips 100% Guarantee Service
Ingatkah Anda akan pernyataan bahwa pelanggan adalah RAJA?! Setujukah Anda akan hal itu? Tentunya memiliki pelanggan setia tentu menjadi idaman setiap pelaku usaha. Dengan kesetiaan para pelanggan, tidak menutup kemungkinan bila bisnisnya bisa berhasil memenangkan persaingan pasar. Karena itulah, tak jarang para pelaku usaha rela memberikan pelayanan prima untuk menjaga kesetiaan para pelanggannya. Lantas bagaimana pelayanan yang Anda lakukan sekarang? Apakah menurut Anda sudah optimal? Dan apakah cara yang Anda gunakan untuk melakukan pelayanan yang dapat mencapai nilai kepuasan pelanggan 100%?
Apakah dengan mendengarkan atau memberikan komplimen kepada mereka? Atau dengan selalu memenuhi kebutuhan mereka? Tidak ada yang salah dari cara itu. Karena pelanggan memang menjadi suatu kebutuhan dan keharusan yang dimiliki sebuah bisnis. Oleh karena itu setiap perusahaan harus tahu bagaimana mereka melayani dan membuat pelanggan mereka senang berbisnis dengannya. Dan apa saja caranya? berikut ini beberapa tips 100% Guarantee Service diantaranya :
Seorang pelanggan yang loyal pada bisnis Anda tentu menginginkan sebuah treatment atau penanganan yang berbeda. Teringat beberapa tahun silam pada saat saya masih bekerja di sebuah hotel bintang lima maka senyum, sapa pelanggan dengan menyebutkan nama adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Apakah hal tersebut bisa dilakukan? Tentu saja, bahkan apabila memungkinkan Anda dan tim yang ada memiliki satu log book atau catatan khusus untuk beberapa pelanggan loyal yang memiliki permintaan khusus. Beberapa surprise dapat kita lakukan contohnya memberikan kartu selamat ulang tahun maupun memberikan surprise (voucher potongan harga, compliment khusus dan lain-lain) untuk menghasilkan hubungan baik dengan pelanggan.
Sudah menjadi kewajiban kita untuk mendengarkan mereka dengan baik dan memperhatikan setiap detail kebutuhan mereka. Dengarkan dan perhatikan saja apa yang mereka ingin sampaikan. Setelah Anda mendengarkan dengan baik, Anda bisa dengan mudah menawarkan solusi kepada mereka.Pelanggan hanya ingin dilayani dengan cepat, bahkan jika jawaban Anda tidak dapat dikirimkan segera, mereka masih tetap ingin mendapatkan jawaban yang mereka inginkan. Jangan pernah mengabaikan setiap pertanyaan pelanggan. Dan jangan sampai Anda mengingkari setiap janji yang Anda buat kepada mereka. Buatlah janji yang mudah untuk Anda penuhi.
Banyak cara yang dapat Anda lakukan dalam upaya membangun kepercayaan bagi pelanggan Anda. Pertama tahu cara bagaimana meminta maaf apabila melakukan kesalahan, meskipun tidak selamanya pelanggan selalu benar. Kedua catatlah permintaan pelanggan (baik umpan balik, komplain maupun permintaan) dan lakukan follow up. Ketika mendapatkan masukan atau permintaan khusus dari pelanggan, ini adalah waktu emas bagi kita untuk mendapatkan kepercayaannya apalagi ditambah sebelumnya pelanggan mengalami kekecewaan atas produk maupun jasa kita.
Sederhana bukan? Semoga tips singkat ini dapat menambah pelayanan pelanggan kita agar terus dapat mencapai 100% kepuasan pelanggan. Kalau begitu apa lagi yang Anda tunggu? Selamat mencoba..!
MDI News No. 230/XXII/Oktober 2016
Untuk informasi dan jadwal training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id