Boosting Your Creativity Ability

Boosting Your Creativity Ability

“Creativity is one percent inspiration and 99 percent perspiration.”
Thomas Edison

Mengacu pada Buku berjudul “Creativity,” ditulis oleh Mihaly Csikszentmihalyi ada beberapa proses kreatif ( boosting your creativity ability) yang biasanya terdiri dari 4 tahap, sebagai berikut :

Boosting Your Creativity Ability

Temukan permasalahan dan lakukan persiapan

Orang yang kreatif tidak hanya duduk diam dan membiarkan masalah untuk muncul. Mereka memperhatikan lingkungan mereka untuk permasalahan yang ada dan mereka melihat hal ini sebagai waktu yang terbaik untuk dapat digunakan dan juga mereka sangat bersemangat untuk kesempatan untuk merubah beberapa hal. Mereka tidak terintimidasi dengan perubahan yang ada, mereka merangkul hal ini.

Lihat dulu permasalahan yang ada dan membuat Anda tertarik. Berikut adalah hal-hal yang akan membuat Anda termotivasi pada saat kita telah mempelajari bagaimana menyelesaikan bagaimana memecahkan permasalahan secara kreatif. Pada saat Anda lebih percaya diri, tantang diri Anda sendiri untuk menyelidiki permasalahan yang ada yang lebih rumit.

Boosting Your Creativity Ability

Insight

Alami momen pada saat permasalahan masuk akal dan Anda telah mengerti permasalahan mendasar. Pada saat Anda memiliki permasalahan, kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya. Sebagai bagian dari hal ini, lakukan investigasi untuk solusisolusi yang ada dan telah dicoba sebelumnya (baik di organisasi Anda maupun area-area yang lain). Identifikasikan ide-ide yang mungkin akan dihadapi, tetapi tidak pernah dihadapi.

Pada tahap ini dapat menjadi ide baik untuk menghindari permasalahan untuk sementara waktu, dan ijinkan beberapa pemikiran dan ide-ide untuk masuk ke dalam pikiran Anda. Pada saat kita berkonsentrasi pada satu masalah terlalu lama kecenderungan kita adalah menggabungkan dua ide yang baik namun hal ini akan dapat menutup ide yang lain.

Boosting Your Creativity Ability

Evaluasi

Sediakan waktu pada saat identifikasi dan verifikasi masalah telah dilakukan, Anda akan dapat memutuskan apa yang sebenarnya terjadi. Seringkali, permasalahan yang Anda identifikasikan akan menjadi simtom dari permasalahan yang lebih dalam.

Hindari melakukan hal-hal yang rumit, buatlah sesederhana mungkin. Apa yang seringkali membuat orang kreatif dari beberapa orang lain adalah kemampuan untuk melihat penghalang-penghalang potensial, dan percaya pada cara mereka memandang

Boosting Your Creativity Ability

Elaborasi

Ciptakan rencana untuk mengimplementasikan pemecahan permasalahan dan mengikutinya. Miskonsepsi yang biasa adalah orang-orang yang kreatif yang menghabiskan waktu mereka untuk berfikir ide-ide baru dan menarik. Tetaplah berkomitmen untuk mendapatkan ide-ide dan buatlah hal tersebut terjadi, percaya dirilah untuk memberikan ide-ide inovatif dan perubahan yang menginspirasi.

Untuk mengimplementasikan ide-ide sukses Anda, buatlah rencana yang dapat digunakan untuk rencana tindakan untuk proyek yang sederhana dan proyek manajemen yang lebih formal.

Pada saat Anda telah membawa ide melalui implementasi secara sukses, Anda akan termotivasi dan terinspirasi untuk mengulang proses-proses tersebut. Selamat berkreasi !


MDI News No. 204/XX/Agustus 2014

Untuk informasi dan jadwal training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id