coaching for result

GROW Coaching Model sudah teruji dan dicoba di beberapa arena bisnis, sehingga banyak juga diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kelebihan GROW adalah suatu metodologi dengan cara yang efektif, terstruktur dengan baik, membantu menetapkan goal setting secara efektif dan juga suatu proses untuk pemecahan berbagai masalah.
Apakah sebenarnya GROW itu?

GROW adalah kependekan dari Goals Reality Options Way. Kesuksesan dari coaching (coaching for result ) dengan GROW model juga bergantung pada waktu dan energi yang telah diinvestasikan pada proses. Mari kita lihat bersama-sama apa yang dapat kita terapkan secara sederhana dari metode ini:
• Goal
• Current Reality
• Options (or Obstacles)
• Will (or Way Forward)

Cara termudah untuk kita dapat berfikir mengenai GROW Model adalah dengan cara berfikir bagaimana kita akan memperkirakan sebuah perjalanan. Pertama-tama, tentukan kemana kita akan pergi (goal), dan tetapkan dimana posisi semula atau awal kita sekarang dan kemana akan kita tuju (Reality)?

Lakukan eksplorasi dengan beberapa cara yang memungkinkan dapat kita pilih (apakah ada beberapa pilihan lain menuju ke tempat tujuan kita). Lalu langkah selanjutnya adalah kita dapat melakukan eksplorisasi kepada rute-rute (pilihan lain yang telah dituliskan) dan transportasi (options) yang ada. Pada langkah terakhir adalah tetapkan keinginan, pastikan bahwa kita berkomitmen untuk membuat suatu perjalanan ini, dan bersiaplah untuk menghadapi rintangan yang akan kita jumpai di sepanjang jalan. Pastikan bahwa cara yang kita gunakan tepat. Untuk menata struktur coaching atau mentoring menggunakan GROW Model, berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan.

Baca juga : Probing In Coaching

coaching for result

Pertama-tama, yang harus dilakukan adalah membuat daftar akan perilaku yang ingin diubah, lalu buat struktur perubahan sebagai tujuan yang ingin diraih.
Pastikan bahwa tujuan yang dibuat SMART goal: Specific, Measurable, Attainable, Realistic, and Time-bound.

Simak: Setting SMART Ojective

coaching for result

Pastikan yang harus dilakukan adalah menanyakan anggota tim untuk menjelaskan realita posisinya sekarang. Ini adalah langkah yang sangat penting. Terlalu sering, setiap dari kita ingin memecahkan masalah tanpa secara penuh menyadari dimana titik awal kita memulai perjalanan kita. Sangat disayangkan pada akhirnya beberapa informasi hilang dan mereka ingin mencapai tujuan secara efektif. Pada saat anggota tim memberi informasi mengenai realitas posisi mereka, solusinya ada bermacam-macam untuk dapat digunakan.

coaching for result

Pada saat kita dan anggota tim dapat mengeksplorasi realita atau posisi awal kita, inilah waktunya untuk menetapkan apa yang mungkin terjadi – artinya adalah beberapa pilihan-pilihan yang mungkin untuk meraih tujuannya.

coaching for result

Dengan mempelajari realitas saat ini dan mengeksplorasi pilihan-pilihan yang ada, anggota tim kita akan dapat mendapatkan ide-ide baru yang segar untuk dapat mencapai tujuannya. Hal ini terlihat baik namun tidak cukup. Langkah terakhir adalah untuk mempersiapkan anggota tim agar dapat berkomitmen melakukan beberapa tindakan spesifik agar dapat meraih tujuannya.

MDI News No. 219/XXI/November 2015

Untuk informasi dan jadwal leadership training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id