Efek Samping Senyum Anda

efek samping senyum anda

Senyum merupakan bagian yang terlepaskan dari service, bahkan dari beberapa pengalaman yang terjadi di beberapa perusahaan kadang sulit sekali untuk membuat budaya senyum di lingkungan pekerjaan, bahkan Anda perusahaan yang sengaja memberikan kelas khusus bagi pegawainya untuk bisa tersenyum dengan baik dan tulus. Padahal telah menjadi suatu fakta, bahwa senyuman memberi efek samping yang besar bagi kehidupan Anda. Berikut ini beberapa hal yang dapat terjadi jika kita tersenyum:

efek samping senyum anda
  • Senyum Itu Menular

“Sering kali orang menyepelekan sebuah senyuman. Padahal, dalam senyum tersimpan sebuah energi baik dan optimisme yang dapat ditularkan pada orang lain.”

Sudahkah Anda senyum untuk hari ini? Senyum yang tulus, datang dari hati yang tulus. Senyum terjadi hanya sekejap, tetapi dengan melakukannya Anda dapat merubah orang di sekitar Anda. Senyuman bukan sesuatu yang perlu kita tunggu, kita bisa mulai dari diri kita terlebih dahulu kemudian orang lain akan menyambutnya dengan senyuman kemudian senyuman itu akan dibawa pada orang-orang lainnya. Tularkan senyuman terbaik Anda untuk memberikan service excellent di lingkungan Anda.

efek samping senyum anda
  • Mengubah Suasana Hati

Tersenyum bisa mengelabui tubuh sehingga membantu seseorang mengubah suasana hatinya menjadi lebih baik, tak ada satupun orang tahu isi hati Anda yang sesungguhnya hanya Anda yang dapat mengendalikannya menjadi senang atau sedih.

Jika anda merasa sedih atau kecewa, cobalah untuk tersenyum. Jika suasana hati Anda lebih baik secara tidak sadar bisa membuat Anda tampak lebih menarik.

Baca: Cara Mengembangkan Kebiasaan Positif

efek samping senyum anda
  • Stress

Orang yang stress bisa terlihat dari wajahnya, tapi dengan tersenyum bisa mencegah seseorang tampak letih dan lelah. Jika sedang stres, cobalah ambil waktu untuk tersenyum, karena bisa mengurangi stress sehingga lebih mampu mengambil tindakan.

Tersenyum bisa membantu sistem kekebalan tubuh untuk bekerja lebih baik. Ketika seseorang tersenyum maka fungsi imun meningkat yang membuat seseorang merasa lebih rileks dan terhindar dari penyakit seperti flu dan pilek.

Baca: Cara Mengelola Stress

efek samping senyum anda
  • Tekanan Darah Berubah

Ketika tersenyum maka ada penurunan nilai tekanan darah yang terukur. Cobalah mengukur tekanan darah saat duduk di rumah sambil membaca, lalu tersenyum selama 1 menit dan mengukur tekanan darah kembali, maka akan terlihat perbedaan.

Studi telah menunjukkan senyum bisa melepaskan endorfin, senyawa yang bisa mengurangi rasa sakit secara alami dan serotonin. Ketiganya bisa membuat orang merasa lebih baik dan menjadi obat yang alami.

efek samping senyum anda
  • Positif

Senyum akan membuat orang lebih positif dan mengurangi pikiran negatif. Dengan mengurangi depresi, stres dan khawatir maka kesehatan seseorang juga akan meningkat dan menghindarinya dari berbagai risiko penyakit.

Orang yang tersenyum akan terlihat lebih percaya diri, otot-otot yang digunakan untuk tersenyum bisa membantu mengangkat wajah sehingga membuat orang tampak lebih muda. Karenanya cobalah lebih sering tersenyum yang membuat merasa lebih muda dan positif, menyempurnakan service excellent Anda.

Baca juga: Mengembangkan Diri Menjadi Lebih Baik

Sekarang kita telah sama-sama tahu efek samping dari tersenyum, so tunggu apa lagi… keep smile guys.


MDI News No. 218/XXI/Oktober 2015

Untuk informasi dan jadwal training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id