Tips Menarik Minat dan Menjaga Hubungan Baik dengan Konsumen

menarik minat dan menjaga hubungan baik dengan konsumen

Kata selling menjadi hal yang paling sering kita dengar setiap harinya karena memang setiap manusia tanpa disadari melakukan selling, baik menawarkan barang, jasa atau “menjual diri” untuk mendapatkan suatu pekerjaan yang diimpikan pada saat interview atau promosi jabatan bukan?

Pada era globalisasi saat ini perusahaan berlomba-lomba menawarkan produknya baik melalui periklanan, publisitas, Sales promotion, Direct marketing atau yang sedang booming saat ini yaitu e–commerce.

Bagaimanapun cara Anda dalam menawarkan produk atau jasa ke konsumen hal terpenting yang harus Anda kuasai adalah teknik dalam menjual, memberikan pelayanan, dan penanganan komplain secara efektif. Nah, mungkin banyak yang sudah tahu bagaimana teknik dalam menjual, namun jarang yang benar-benar menerapkan pada saat berinteraksi dengan konsumen.

Berikut ini ada tips efektif yang dapat Anda terapkan untuk menarik minat dan menjaga hubungan baik dengan konsumen.

menarik minat dan menjaga hubungan baik dengan konsumen

Sering kita temui seorang penjual yang belum memahami secara baik tentang barang atau jasa yang dijualnya, namun karena yang menjadi tujuan utama adalah pemenuhan target penjualan makanya banyak tenaga penjual membekali diri dengan pemahaman yang secukupnya tentang produk atau jasa.

Dari hal ini konsumen akan merasa ragu dan penjualan tidak akan berhasil kecuali jika barang yang ditawarkan memang sangat dibutuhkan oleh konsumen.

Baca: Cara Menjual Sisir Kepada Biksu

menarik minat dan menjaga hubungan baik dengan konsumen

Menanyakan kebutuhan konsumen merupakan hal tepat yang dapat Anda lakukan untuk dapat mengetahui apa yang ingin dibeli oleh konsumen, hal ini dilakukan agar Anda tidak memberikan penjelasan yang tidak dibutuhkan oleh konsumen dan hanya membuat energi terbuang percuma.

Baca: Kunci Sukses Dalam Penjualan

menarik minat dan menjaga hubungan baik dengan konsumen

Setiap calon pembeli pasti memiliki problem dalam membeli suatu barang atau jasa. Nah, di sinilah tugas seorang penjual yaitu menanyakan apa keberatan yang ada saat ini dan apakah ada yang belum dimengerti?

Lalu bantu dengan memberi solusi terbaik dan jangan terkesan Anda hanya memaksa untuk membeli.
Hal ini penting karena konsumen akan merasa dianggap penting dan diperhatikan kebutuhannya sehingga secara otomatis konsumen akan merasa dekat dan timbul kepercayaan.

Baca: Kunci Memberikan Pelayanan Terbaik

menarik minat dan menjaga hubungan baik dengan konsumen

Apabila konsumen sudah percaya dan membeli produk anda maka pastinya ada hal yang kurang sesuai dengan harapan atau cara penggunaan yang salah atau belum dikuasai sehingga menimbulkan keluhan, disini tugas kita sebagai tenaga penjual yang bertanggung jawab harus memberikan penjelasan dan membantu menyelesaikan masalahnya secara tulus.

Baca juga: Teknik Meningkatkan Komunikasi

menarik minat dan menjaga hubungan baik dengan konsumen

Hal ini mungkin terdengar sepele namun akan sangat membantu Anda dalam menumbuhkan hubungan baik dengan  pelanggan dan tentunya akan bermanfaat bagi repeat order Anda.
Misalnya sebulan sekali Anda dapat menyakan bagaimana keadaan konsumen dan keluarganya atau memberikan ucapan pada hari ulang tahun atau hari spesialnya. Ini mudah dilakukan melalui media sosial yang banyak saat ini.

Beberapa tips di atas dapat Anda combine dengan gaya menjual Anda masing–masing dan temukan hasil positif penjualan Anda. Selamat Mencoba!


MDI News No. 215/XXI/Juli 2015

Untuk informasi dan jadwal training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id