Perilaku Asertif untuk Meningkatkan Kualitas Hubungan antar Manusia

meningkatkan kualitas hubungan antar manusia

Berikut ini penjelasan mengenai perilaku asertif untuk meningkatkan kualitas hubungan antar manusia.

Kesalahpahaman terhadap Perilaku Asertif

Banyak orang sering salah berasumsi dan menyamakan perilaku asertif dengan perilaku agresif. Bahkan, ketika kita mencari gambar terkait asertif di internet, banyak gambar yang sebenarnya mencerminkan perilaku agresif, bukannya asertif. Kesalahan asumsi ini menyebabkan orang enggan menerapkan perilaku asertif dan enggan untuk mengeluarkan pendapat atau pemikiran pribadinya agar tidak dianggap lancang. Baca: Jadilah Pribadi Asertif

Sebenarnya, mengemukakan pendapat dan pemikiran pribadi adalah hak semua orang. Namun, menjadi kewajiban kita untuk mengemukakannya secara pantas dan profesional.

Memahami Perilaku

Pemahaman yang benar terhadap berbagai macam perilaku akan membantu kita menyadari perilaku mana yang sedang kita atau orang lain terapkan dalam situasi tertentu.

Perilaku Submisif

Perilaku submisif adalah situasi ketika seseorang mengorbankan kepentingannya demi kepentingan orang lain.
Perilaku ini mampu menyelesaikan konflik dengan relatif cepat dengan menghindari konflik itu sendiri. Kita menjadi terhindar dari berbagai emosi akibat situasi konfrontasi. Namun, perilaku ini dapat membuat orang tersebut merasa bersalah karena telah mengecewakan dirinya sendiri maupun orang lain.

Ciri-ciri seseorang yang berperilaku submisif mencakup:

• Berkomunikasi secara berbelit-belit dan gugup

• Menggunakan kata-kata yang memudahkan orang lain mengabaikan kebutuhan dan keinginan dia. Contoh: “tidak terlalu penting” atau “tidak apa-apa”

• Cenderung merendahkan atau menyalahkan diri sendiri. Contoh: “saya tidak bisa” atau “saya telah berusaha tapi…”

meningkatkan kualitas hubungan antar manusia

meningkatkan kualitas hubungan antar manusia

Perilaku Agresif

Perilaku agresif adalah situasi ketika seseorang menempatkan kepentingannya di atas kepentingan orang lain, bahkan mengorbankan orang lain. Perilaku ini mampu membuat seseorang mencapai yang dia inginkan dengan relatif cepat serta perasaan berkuasa terhadap orang lain.

Perilaku ini juga membantu melampiaskan emosi dan perasaan negatif seperti marah dan frustrasi. Namun, perilaku ini akan menimbulkan seseorang ditakuti dan dihindari oleh orang sekelilingnya.

Ciri-ciri seseorang yang berperilaku agresif mencakup:

• Secara berlebihan menggunakan pernyataan “saya” dan menganggap pernyataannya paling benar.
Contoh: “Pendekatan seperti itu tidak akan berhasil” atau bahkan “omong kosong”

• Menggunakan ancaman dan otoriter. Contoh: “Pokoknya…”

• Cenderung merendahkan atau menyalahkan orang lain. Contoh “Ini salah kamu” atau “Khan kamu bilang…”

Perilaku Asertif

Perilaku asertif adalah situasi ketika seseorang menempatkan kepentingannya setara dengan kepentingan orang lain, tanpa mengorbankan dirinya sendiri maupun orang lain.

Ciri-ciri seseorang yang berperilaku asertif mencakup:

• Berkomunikasi secara singkat dan jelas, tulus

• Mampu membedakan fakta dan opini

• Menggunakan pertanyaan terbuka untuk menggali pemikiran, opini dan keingingan orang lain

• Merangkul orang lain untuk mencari cara penyelesaian masalah bersama.

Manfaat terbesar dari berperilaku asertif adalah meningkatkan kualitas hubungan antar manusia baik di lingkungan pribadi maupun profesional. Selain itu, manfaat lainnya mencakup:
• Kepercayaan dan citra diri yang lebih tinggi

• Pengakuan atas diri dan kemampuan orang lain

• Peningkatan kendali diri dan emosi

• Menghemat waktu dan energi untuk menyelesaikan akar masalah sebenarnya

• Meningkatkan peluang untuk memuaskan semua pihak

Mari Meningkatkan Perilaku Asertif

Berperilaku asertif dapat menyelesaikan berbagai masalah potensial terkait hubungan antar manusia. Untungnya bagi kita, perilaku asertif dapat dilatih dan dikembangkan.

Peningkatan perilaku asertif akan menjadi landasan dari berbagai perilaku positif lain yang pada akhirnya akan meningkatkan kinerja kita dan orang-orang kita.

Materi mengenai perilaku asertif lainnya bisa Anda akses di sini


MDI News No. 214/XXI/Juni 2015

Untuk informasi dan jadwal training kepemimpinan lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id

meningkatkan kualitas hubungan antar manusia