Membangkitkan Potensi Anda

membangkitkan potensi anda

Temukan Kelebihan dan Bakat Anda

Apakah Anda mencintai yang ada kerjakan saat ini? lihat kembali semua pekerjaan dan tanggung jawab yang Anda miliki. Temukan beberapa kekuatan terbesar Anda.

Luangkan waktu untuk refleksi diri dan bertanya pada diri sendiri : “Apa yang menjadi kekuatan terbesar saya?
Buatlah daftar hal-hal yang menurut Anda menjadi kelebihan. Kemudian tanyakan pada orang terdekat Anda, mungkin Anda akan merasa canggung untuk bertanya, namun ceritakanlah bahwa Anda sedang melakukan pengembangan potensi dan memerlukan pendapat dan feedback dari mereka.

Dari feedback tersebut Anda bisa memulai untuk membangkitkan potensi Anda, mungkin Anda telah menemukan bahwa ternyata Anda dapat memperhatikan dan menilai sesuatu dengan detail, memiliki kemampuan komunikasi yang baik sehingga membuat orang lain termotivasi, itu artinya bahwa Anda sebenarnya memiliki kelebihan yang tinggi untuk menjadi seorang pemimpin yang sukses. Salah satu contoh diatas, dapat menjadi satu referensi untuk menemukan kelebihan Anda.

membangkitkan potensi anda

membangkitkan potensi anda

Positive Attitude

Positive attitude atau sikap positif begitu penting, sikap yang positif begitu kuatnya sehingga dapat memperkuat ciri-ciri kepribadian, sehingga jika kita memiliki sikap negatif maka karakteristik-karakteristik menarik Anda akan hilang.

Seseorang yang memiliki sikap positif dapat mengubah kepribadian yang membosankan menjadi kepribadian yang sangat menarik. Sikap positif dapat membuat orang tampak lebih menarik, dari kepribadian awal seseorang yang kurang menonjol.

Dalam interaksi sehari- hari tidak dapat kita pungkiri bahwa orang lain lebih suka berhubungan dengan orang yang positif dan optimistik.

Sikap bukanlah sesuatu kita dibawa sejak lahir sehingga tidak dapat diubah, maka kita dapat merubahnya dengan mengembangkan potensi diri, dengan memiliki motivasi diri yang kuat, berpikir positif, belajar dari kegagalan dan pengalaman. Dapat dipastikan potensi Anda akan melesat seperti orang – orang lebih dulu sukses dari Anda.

Baca: Pengembangan Diri Agar Menjadi Lebih Baik

Yakinlah Bahwa Anda Bisa!

Setelah kita memahami 2 hal sebelumnya diatas, untuk membangkitkan potensi diri kita harus memiliki keyakinan yang kuat.
Mengutip salah satu quote Mario Teguh yang menyatakan:

Apapun yang terjadi,yang Anda yakini adalah kekuatan Anda.
Apapun yang terjadi, Anda harus tetap pada tujuan Anda.
Apapun yang terjadi, yang Anda yakini adalah yang akan terjadi”.

Maka hati-hatilah dengan keyakinan Anda, jika Anda yakin bisa pasti Anda akan mampu melewati apapun rintangannya.
Sebelum Anda bergerak dan berlari, tentukan target dan tujuan Anda, lalu berusahalah untuk mencapai target tersebut. Ingat, lakukan, jangan sekedar berpikir dan menginginkannya karena itu akan membuat Anda nantinya menyesal karena tidak melakukannya dari awal.

Setelah Anda menentukan target, kerja keraslah untuk mencapai target tersebut. Tapi ingat, bahwa target tersebut haruslah SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, Time Based). Jadi, jika Anda ingin mencapai potensi tertinggi dari diri Anda, pastikan targetnya, YAKIN dan lakukan yang terbaik. Baca pula: Rasa Percaya Diri dalam Training Motivasi


MDI News No. 213/XXI/Mei 2015

Untuk informasi dan jadwal training kepemimpinan lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id

membangkitkan potensi anda