Work-Life Balance

work-life balance

Keseimbangan dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi harus diatur dengan seimbang (work-life balance) namun ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan yang mempengaruhi produktifitas pada suatu Perusahaan. Beberapa penanganan dari Human Resource Department diyakini membantu, namun apakah akar dari permasalahan seringkali ditemukan? Seringkali hal seperti stres atau tekanan baik di luar maupun di tempat kerja membuat anak buah maupun kita sendiri tidak dapat mencapai hasil yang maksimal. Berikut ini ada beberapa akibat apabila Anda mengalaminya:

– Tenaga kerja sering absen dari kerja karena sakit.
– Turn over di suatu perusahaan jadi tinggi, karena tenaga kerja sering keluar masuk.
– Kualitas pekerjaan yang buruk.

Seberapa sering Anda merasa lalai bahkan tidak menghiraukan beberapa permasalahan yang terjadi di rumah contohnya tidak memiliki waktu luang dengan pasangan Anda maupun keluarga? Bahkan makan malam pun tidak sempat? Anda mungkin pada akhirnya merasa bahwa Anda telah mentelantarkan kehidupan Anda di rumah karena terlalu sibuk di pekerjaan?

Satu-satunya solusi dari permasalahan yang Anda hadapi di atas akan harus dipertimbangkan untuk dapat ‘menyelamatkan’ keluarga Anda sebelum semuanya terlambat. Anda bahkan dapat membantu diri Anda dengan mencari life coach yang akan membantu Anda untuk memecahkan masalah dan membantu Anda untuk mencapai keseimbangan hidup yang diharapkan. Hari-hari ini kebanyakan dari kita berorientasi lebih kepada mengejar karir dan seringkali lembur untuk mencapai karir yang ingin dicapai. Tetapi jangan lupa bahwa keluarga kita menanti di rumah dan mengharapkan Anda untuk dapat ‘mengingat’ mereka. Hal ini mendorong Anda untuk harus bisa mengatasi tantangan keluarga dan tuntutan pekerjaan, berusaha untuk menjaga keseimbangan kehidupan kerja, yang jika tidak dicapai dapat sangat merusak kesehatan Anda fisik, mental dan emosional. Kebanyakan orang tertarik pada kualitas hidup yang lebih tinggi. Kehidupan di mana Anda memiliki lebih banyak waktu untuk diri sendiri dan hubungan Anda, dengan lebih banyak energi untuk berinvestasi dalam kesejahteraan emosional, fisik dan spiritual.

Mindfulness dapat membantu Anda menemukan pekerjaan dan keseimbangan hidup. Sementara ambil waktu sejenak merenungkan agar dapat mendukung semua aspek kehidupan, tujuan utama adalah untuk mencapai keselarasan dan keseimbangan dalam individu.

Keseimbangan kehidupan kerja adalah self-defined, ditentukan dari kesejahteraan yang seseorang dapat capai, atau dapat ditetapkan sebagai tujuan, yang memungkinkan mereka untuk mengelola secara efektif beberapa tanggung jawab di tempat kerja, di rumah, dan di komunitas mereka; mendukung fisik, emosi, Keluarga, dan kesehatan masyarakat, dan melakukannya tanpa kesedihan, stres atau dampak negatif. Bagi mereka yang berjuang untuk menikmati kehidupan jenis ini, mindfulness sangat diperlukan.

Anda dapat dengan mudah mengenali ketika Anda menderita dari ketidakseimbangan. Gejala seperti terus menerus menjadi lelah, perasaan seperti Anda sedang menjalankan hal yang sama sepanjang waktu dan mendapatkan tempat, merasa seperti Anda memiliki pilihan tidak, tidak ada kontrol; ketika hidup tampaknya terjadi untuk Anda daripada Anda merasa bahwa Anda mengelola itu; Ketika Anda dapat memikirkan hal-hal lain yang tidak mendapatkan dilakukan daripada; Ketika Anda melihat lebih negatif dalam hidup Anda daripada positif.

Berikut adalah beberapa tips dari Gerard O’Donovan untuk menjaga kerja dan hidup keseimbangan:

• Belajar untuk berkata ‘tidak’ dan mendelegasikan tugas, membuat daftar 10 pekerjaan Anda dapat mendelegasikan dan kepada siapa.

• Mengadopsi pandangan positif pada kehidupan dan sikap mental yang ‘dapat melakukan’.

• Menetapkan tujuan yang realistis, meninjau mereka secara teratur dan mengambil langkah-langkah ke arah mereka. Untuk setiap tujuan, tanyakan pada diri sendiri bagaimana Anda akan merasa ketika Anda mencapai itu.

work-life balance
work-life balance

• Mengangkat kehidupan pelatih untuk membantu Anda memenuhi tujuan Anda dan mendapatkan keseimbangan dalam hidup Anda.

• Jangan menghabiskan waktu khawatir. Tindakan adalah pilihan yang lebih mudah dan lebih sehat, jadi Pilihlah setiap kali.

• Mengambil 15 menit setiap hari sebagai ‘me time’ – mendengarkan CD favorit Anda, memiliki secangkir teh, pergi untuk berjalan-jalan


MDI News No. 210/XXI/Februari 2015

Untuk informasi dan jadwal training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id