Membangun Loyalitas Karyawan dengan Internal Services

membangun loyalitas karyawan

Mengutip dari salah satu survey menunjukkan bahwa sepertiga atau lebih profit sebuah perusahaan dihasilkan oleh karyawan mereka yang loyal. Bagaimana Anda sebagai seorang pemimpin perusahaan atau top manajemen melihat kondisi ini dalam organisasi Anda?

Jangan terkejut dengan beberapa hasil penelitian bahwa lebih dari 60% karyawan bukan kategori loyal dan tengah aktif mencari pekerjaan baru di tempat lain. Seorang ahli mengatakan jika Anda membayar 100% kepada orang yang tidak loyal dalam arti bekerja setengah hati, maka Anda akan mengalami kerugian sebesar 50% dari gaji yang dibayarkan.
Sangat menyakitkan bukan jika hal ini terjadi, dan akan semakin menyakitkan ketika Anda mengalami dalam suatu perusahaan.

Dewasa ini, service excellent seolah menjadi menu wajib bagi perusahaan untuk membangun loyalitas karyawan. Banyak perusahaan masih belum memahami bahwa kepuasan external customer merupakan dampak dari internal customer (karyawan) yang bekerja dengan hasil luar biasa. Kepuasan external customer hampir tidak mungkin dicapai tanpa adanya internal customer yang baik dan solid.

Keberhasilan penjualan tidak lepas dari supply chain atau rantai proses yang terkait dengan penjualan yang melibatkan internal customer Anda. Ketika Anda mengirimkan sebuah proses yang baik dan benar maka rekan-rekan Anda pun akan memberikan produk atau jasa yang baik dan benar juga. Ide dan saran yang Anda berikan perlu dikemas dengan sedemikian rupa sehingga rekan kerja dapat menerima Anda secara tulus dan terbuka. Keluhan ataupun kritikan rekan kerja perlu ditanggapi secara profesional dan proporsional sesuai prosedur dan sistem yang berlaku.

Anda sebagai pimpinan tinggi sebuah perusahaan perlu membangun suasana kondusif dalam mempertahankan karyawan terbaik dan meminimalisir jumlah karyawan yang tidak loyal. Support yang dapat Anda lakukan, dengan membuka komunikasi internal sehingga mereka bisa semakin engaged dengan perusahaan. Berikut ini beberapa tips membangun loyalitas karyawan dengan internal service yang dapat Anda lakukan:

Kantor Anda tidak harus seperti Google atau Facebook yang mendesign suasana kantor sedemikian rupa. Namun pastikan setiap karyawan merasakan kepuasan dan ketersediaan layanan dalam pekerjaan dan karir mereka. Kondisi kantor yang bersih dan nyaman, jangan abaikan alat atau materi pendukung pekerjaan mereka, seperti mesin fotokopi harus selalu dalam kondisi sehat, ATK tersedia, komputer atau laptop yang layak dan berbagai peraturan kantor yang juga dapat Anda sesuaikan dengan perubahan generasi X, Y dan Zoomer. Sehingga karyawan pun enggan beranjak dari perusahaan Anda, karena bisa bekerja dengan nyaman dan bisa memberikan internal service excellent dari diri mereka.

membangun loyalitas karyawan

Keterlibatan dan partisipasi karyawan, bukan hanya urusan kerja semata namun juga menyentuh aktivitas pribadi dan keluarga mereka, sehingga mereka akan lebih bahagia, lebih aktif terlibat dan produktif memberi internal service excellent bagi perusahaan. Selalu buka Pintu Anda dalam menampung dan berdiskusi setiap waktu. Saran dan masukan mereka bukan menunjukkan sikap cengeng dalam bekerja, melainkan bentuk dan cara mereka mencapai performa yang mungkin tidak Anda harapkan mereka lakukan. Lepaskan kreativitas mereka dalam bekerja namun tetap dalam kontrol dan monitoring di dalam prosesnya.

membangun loyalitas karyawan

Kebersamaan dalam Tim akan membuat suasana kerja makin kondusif dan tingkat produktivitas internal service semakin besar. Kegiatan menyatukan karyawan ini tidak hanya melulu seperti kegiatan Outing (Outbound Training), namun bisa berupa aktivitas sosial masyarakat dan hobi karyawan. Kegiatan dalam hobi dan komunitas mereka selain di kantor, perlu diperhatikan karena hal tersebut dapat membangun mental dan jiwa mereka dengan perusahaan.

membangun loyalitas karyawan

Ibarat pertanyaan, “Sejauh mana Anda peduli pada Orang Tua ketika Anda menghadapi masa sulit dan mereka tidak peduli?”. Jaminan kerja telah diterapkan oleh perusahaan besar dengan istilah “Anti PHK” mereka membangun tim loyal dan stabil. Jaminan kerja adalah kondisi bisnis yang baik, sedangkan pemecatan merupakan harga mahal karena orang terbaik akan bertahan dalam kemampanan kerja mereka. Jaminan kerja menjadi Internal service yang bisa diberikan oleh sebuah perusahaan, agar setiap karyawannya tenang dalam menjalankan setiap aktifitas pekerjaannya.

membangun loyalitas karyawan

Demikian tips membangun loyalitas karyawan dengan internal services yang bisa Anda lakukan. Anda mungkin dapat membeli waktu, ketrampilan dan kemampuan seseorang untuk bergabung dalam perusahaan Anda. Namun, tidak mungkin Anda mampu membeli loyalitas seseorang, dengan memelihara internal service excellent dapat menjadi salah satu solusi untuk mempertahankan orang-orang terbaik dalam perusahaan Anda.