Mengelola diri adalah salah satu keterampilan penting agar seseorang dapat hidup secara lebih berkualitas. Kebanyakan dari kita mengalami kesulitan menyelesaikan seluruh tugas dan tanggung jawab kita sambil mengalokasikan waktu untuk beristirahat, keluarga, dan diri sendiri.

Agar kita tidak mengalami stres dalam menangani tuntutan kehidupan profesional maupun personal, kita perlu memiliki keterampilan mengelola diri. Mengelola diri adalah menjadi pribadi lebih produktif. Meningkatkan produktivitas diri agar menjadi lebih efektif dan efisien.

Produktivitas diri seseorang diukur dengan berapa banyak yang dapat dilakukannya dan capai dalam suatu periode tertentu. Produktivitas diri adalah salah satu elemen kunci dalam mengelola hidup. Jika seseorang dapat mengelola hidup, dia akan dapat hidup secara lebih bermakna.

Berikut adalah beberapa tips meningkatkan produktivitas diri:

produktivitas diri

Sasaran penting bagi kehidupan seseorang. Tanpa sasaran, seseorang tidak memiliki tujuan hidup dan akan dihantui oleh perasaan tidak berhasil mencapai apapun. Sasaran pribadi akan mengarahkan seseorang ke arah yang benar dan akan membantu orang tersebut memfokuskan kekuatannya untuk mencapai sasarannya. Maka, pada akhir hari, orang yang bersangkutan akan memiliki perasaan kepuasan pencapaian dan berprestasi.

produktivitas diri

Setiap orang menangani pekerjaan penting setiap harinya. Kita perlu mengelola pekerjaan agar kita tidak tertimbun terlalu banyak pekerjaan untuk dilakukan. Sebagai tambahan, mengelola pekerjaan akan memastikan seoang tidak melupakan suatu pekerjaan penting atau tenggat waktu penting.

produktivitas diri

Mengelola prioritas sangat dekat dengan keterampilan mengelola pekerjaan. Karena waktu sangat terbatas, penting bagi kita untuk menyelesaikan prioritas utamanya sebelum mengerjakan prioritas berikutnya. Dengan demikian, setiap hari seseorang akan lebih dekat dengan pencapaian sasaran pribadinya. Memprioritaskan secara sederhana adalah memahami apa yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu sasaran dan memahami apa yang perlu dilakukan selanjutnya.

produktivitas diri

Suatu agenda sangat penting untuk mengelola waktu kita secara lebih efektif dan efisien. Terserah apakah kita menggunakan agenda manual atau elektronik, intinya adalah kita memerlukan agenda. Dengan banyaknya alat yang digunakan, sangat disarankan kita mensinkronisasi agenda di berbagai alat kita seperti outlook, smartphone, tablet dan sebagainya

produktivitas diri

Kita perlu menerapkan suatu sistem pengingat sesuai dengan kebiasaan diri kita. Sebaik-baiknya ingatan kita, kadang dikala sibuk atau bekerja dalam tekanan, kita tetap membutuhkan pengingat. Sistem pengingat yang baik akan membantu kita tidak melupakan pekerjaan atau proyek lama ketika ada pekerjaan baru tambahan yang perlu didahulukan.

produktivitas diri

Semua orang kadang akan mendapat godaan untuk menunda suatu pekerjaan, terutama pekerjaan yang kurang disukai. Perasaan ini kadang sulit untuk diabaikan, namun agar kita mampu meningkatkan produktivitas diri, kita perlu belajar menahan godaan untuk menunda. Suatu tips baik dari TACK International adalah kita dapat memotivasi diri dengan menyelesaikan pekerjaan yang tidak kita sukai terlebih dahulu dan menganggap pekerjaan yang kita sukai sebagai hadiah terselesaikannya pekerjaan tidak disukai tersebut.

Demikianlah tips meningkatkan produktivitas diri agar menjadi lebih efektif dan efisien. Bagaimana keterampilan mengelola diri Anda? Keterampilan mengelola diri secara sederhana dapat diartikan sebagai keterampilan untuk membantu seseorang mengelola waktunya secara lebih efektif dan efisien untuk menyelesaikan pekerjaannya, mencapai sasarannya, namun tetap mampu menyisihkan waktu untuk kehidupan pribadi dan keluarganya. Bagaimana dengan diri Anda? Apakah kehidupan Anda berimbang antara kehidupan profesional dan kehidupan personal?

Materi pengembangan SDM lainnya bisa Anda lihat di sini

MDI News No. 225/XXII/Mei 2016

Untuk informasi dan jadwal training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id