Bayangkan apabila staff terbaik Anda tetap di posisi yang sama dimana mereka awal memulai karir pada awal tahun 2016 ini. Tidak ada perkembangan akan hal-hal baru maupun mencipta sesuatu yang belum pernah ada. Pertanyaannya adalah bagaimana membuat mereka untuk dapat berinovasi dan berkreasi dan menuangkan ide-ide mereka dan bertumbuh? Disini akan dibahas bagaimana mengembangkan SDM untuk metamorfosis para karyawan.

Lantas bagaimana cara jitu agar kita dapat mendorong agar staff tersebut dapat dan mau melewati fase metamorfosis? Berikut ini adalah beberapa tips jitu untuk membantu Anda di dalam memulai tahun 2017 ini:

Carilah kekuatan pribadi dari karyawan tersebut

Dengan mengetahui kekuatan pribadi dari anak buah akan mempermudah Anda di dalam mengembangjan potensi anak buah tersebut.

Kesalahan terbesar organisasi yang menghambat kreatifitas anak buah dimulai dari salah menempatkan orang di suatu posisi atau team, yang dilanjutkan dengan salah memandang potensi seseorang.

Sering kiya dengar istilah do not judge a book from its cover, hal ini juga berlaku atas anak buah kita apakah mereka terlihat kurang mampu dalam hal-hal tertentu tidak berarti mereka tidak dapat dikembangkan bukan?

Baca: Tips Menjadi Sales Hebat dari Albert Einstein

mengembangkan sdm untuk metamorfosis para karyawan

mengembangkan sdm untuk metamorfosis para karyawan

Menggunakan Cara-Cara Baru

Kapan terakhir kali Anda membantu anak buah Anda dengan memberikan informal training seperti in house training, public course, jumper, lokakarya umum maupun mengikuti pelatihan lain?

Hal lainnya Anda juga dapat memberikan coaching, mentoring dan budies sisten (anak buah Anda berpasangan 2-3 orang untuk dapat saling membantu dan membangun satu dengan yang lain)

Baca: Komunikasi Asertif Dalam Pelatihan Kepemimpinan

Mengembangkan Relasi dan Mengukur Hasil

Dengan memiliki hubungan yang terus menerus dibangun baik antara Anda dan anak buah maka pada setiap performance appraissal akan terlihat perkembangan mereka. Diperlukan waktu lebih dan kesabaran ekstra untuk dapat melihat buahnya, tetapi ingat sebaik atau seburuk apapun hasil evaluasi yang dilakukan akan menjadi dasar untuk terus menemukan dan menciptakan efek positif bagi anak buah.

Baca: Langkah Pengembangan SDM dari Seorang Leader

mengembangkan sdm untuk metamorfosis para karyawan

Demikianlah, sedikit penjelasan bagaimana cara untuk mengembangkan SDM untuk metamorfosis para karyawan Anda. Sehingga pencapaian akan sesuai dengan harapan Anda.

Mengenai materi pengembangan SDM lainnya bisa Anda lihat di sini

Untuk informasi training dan jadwal training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id

MDI News No. 209/XXI/Januari 2015