Konsep manajemen waktu pada dasarnya adalah konsep yang salah kaprah diterapkan oleh banyak orang. Sama halnya dengan konsep meminum air putih atau menanak nasi. Kita tidak akan pernah bisa mengelola waktu. Waktu selalu berjalan konstan dan konsisten sepanjang masa. 365 hari setahun, 12 bulan setahun, 4 minggu perbulan, 7 hari seminggu, 24 jam sehari, 60 menit perjam, 60 detik permenit. Tidak ada yang bisa kita lakukan untuk membuatnya menjadi 25 jam atau 23 jam perhari.

Yang seharusnya kita kelola adalah diri kita terhadap waktu. Jadi seharusnya adalah Self Management against Time, bukan Time Management.

Kabar baiknya adalah sekarang kita hidup dengan teknologi digenggaman tangan sehingga pengelolaan diri menjadi lebih mudah dengan bantuan aplikasi-aplikasi di perangkat bergerak. Berikut beberapa aplikasi pilihan yang dapat membantu kita mengelola waktu, maaf mengelola diri kita terhadap waktu.


ACTLO

Actlo adalah aplikasi sederhana yang dapat membantu kita melacak penggunaan waktu ditempat kerja maupun di kehidupan pribadi. Penggunaannya termasuk sederhana, kita cukup memilih input aktivitas yang dapat di kustomisasi dan secara otomatis aplikasi akan merekam waktu tersebut. ActLo juga menyertakan fitur reminder untuk mengingatkan alokasi waktu yang kita tentukan terhadap aktivitas tersebut.

Selain itu, fitur utama dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk menampilkan alokasi aktivitas dan penggunaan waktu ke dalam bentuk diagram pie sehingga kita bisa membuat rencana tindakan untuk emngurangi aktivitas-aktivitas yang tidak memberikan nilai.


TOGGL

Toggle juga salah satu aplikasi sederhana untuk mengontrol waktu yang Anda gunakan. Anda dapat mengatakan secara verbal dengan teknologi voice recognition kapan harus memulai dan berhenti aktivitas tersebut. Sama seperti ActLo, Toggle juga akan menggenerate grafik untuk memberikan informasi mengenai alokasi waktu yang kita gunakan.


RESCUE TIME

Sesuai namanya, aplikasi ini lebih difungsikan untuk menjaga waktu yang sudah ditetapkan untuk aktivitas tertentu dan menjaga supaya kita tidak dengan mudah terdistraksi dengan aktivitas-aktivitas lain yang tidak memberikan nilai dan menjadi pengisi waktu. Sebagai contoh, ketika Anda teralihkan perhatiannya karena ada pesan singkat masuk atau bermain-main dengan gadget Anda, Rescue Time akan memberikan notifikasi dan mengingatkan waktu yang Anda sudah alokasikan untuk pekerjaan.


YAST TIME TRACKER

Apabila Anda seorang Team Leader atau Manager dan dituntut untuk tidak hanya mengatur waktu untuk diri sendiri namun juga untuk anak buah Anda, maka Yast Time Tracker akan sangat berguna untuk meringankan pekerjaan Anda. Yast akan merekam data secara simultan dan memberikan peringatan yang terpisah.


Tentu saja, aplikasi-aplikasi diatas tidak akan banyak bermanfaat apabila kita tidak memiliki komitmen dan motivasi diri untuk menggunakan aplikasi tersebut secara konsisten. Kita juga akan membutuhkan teknik-teknik pengelolaan diri terhadap waktu yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan waktu yang tersedia sehingga kita bisa  lebih produktif, efektif dan efisien.

MDI NEWS No. 221/XXII/Januari 2016

Untuk informasi tentang Pelatihan Kepemimpinan dan jadwal training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id