Apakah manajer sama dengan pemimpin dan pemimpin sama dengan manajer?

 

Lalu apa bedanya antara pemimpin dan manajer? Abraham Zaleznik (HBR Classic, 1977 dan 1992) mengatakan bahwa manajer dan pemimpin adalah dua keterampilan yang berbeda. Pemimpin cenderung mentoleransi kekacauan atau kurangnya struktur dalam organisasi dengan menunda pengambilan keputusan. Sebaliknya, manajer cenderung berusaha mempertahankan ketertiban, pengendalian dan penyelesaian masalah secepatnya.

 

Pemimpin lebih berfokus pada menciptakan perubahan, menetapkan arah tujuan melalui visi dan strategi, dan memotivasi sumber daya manusia agar bergerak menuju visi dan misi yang sama. Pemimpin mampu membuat orang lain percaya akan adanya masa depan yang lebih baik dan memotivasi mereka untuk berinisiatif mencapai suatu visi. Pemimpin mampu menimbulkan rasa kepemilikan dan kebersamaan.

Manajer cenderung memprioritaskan stabilitas organisasi dengan berusaha mengurangi ketidakpastian dalam menghadapi suatu situasi kompleks. Oleh karena itu, manajer lebih berfokus pada perencanaan dan penganggaran, pengorganisasian dan pengadaan sumber daya, serta penyelesaian masalah.

Memang, keterampilan memimpin dan keterampilan mengelola dapat dimiliki oleh satu orang. Namun, biasanya seorang pemimpin murni cenderung kurang mampu mengelola organisasi dan seorang manajer murni cenderung kurang mampu memimpin organisasi.

Tidak ada istilah bahwa menjadi seorang pemimpin adalah lebih baik daripada menjadi seorang manajer atau sebaliknya. John Kotter (HBR, 1990) menambahkan bahwa semua organisasi membutuhkan keduanya, manajer maupun pemimpin agar dapat sukses, terutama dalam masa-masa sulit dan krisis. Pemimpin memerlukan manajer dan manajer memerlukan pemimpin.

Sikap pemimpin dan sikap manajer dapat bertolak belakang sehingga kita perlu mengidentifikasi situasi dimana kita perlu bersikap sebagai seorang pemimpin, situasi dimana kita perlu bersikap sebagai seorang manajer dan situasi dimana kita perlu bersikap sebagai keduanya.

Situasi apakah yang Anda dan organisasi Anda hadapi sekarang?

Apakah Anda perlu bersikap sebagai pemimpin atau sebagai manajer?n

 

 

 

Penulis adalah konsultan MDI

Fransiska Atmadi

sumber: MDI News No. 150/XVI/Februari 2010